Translate

10 Etika Dasar Bisnis dan Strategi Sukses

Dalam berbisnis  baik online maupun offline itu sama saja, harus memiliki etika yang baik, dan itu adalah hal yang menentukan sukses atau tidaknya anda. Saat ini informasi dan tekhnologi semakin canggih, dan ini menyebabkan semakin banyaknya saingan. Karisma tanpa nurani, Kecerdasan tanpa karakter, adalah bumbu dalam resep bisnis yang terburuk. Kompetisi, ambisi, dan inovasi adalah pokok yang menentukan kesuksesan anda, tapi itu takkan berarti tanpa etika dan profesionalisme.



Dalam berbisnis, ethical principal ini juga memegang peranan cukup penting dalam membangun kredibilitas di mata konsumen. Jika klien menganggap reputasi perusahaan cukup baik, pastinya mereka akan mempercayai anda dan anda dapat kepercayaan dari mereka. Apakah itu benar?

Dalam perkembangan ini terdapat beberapa prinsip etika dalam berbisnis online ataupun offline agar bisa tetap lancar dan stabil dalam persaingan.

Artikel lain; Strategi penting yang harus di bangun sebelum membuat blog


  • Kejujuran dalam berkomunikasi dan bersikap

Kejujuran adalah senjata terbaik untuk membangun popularitas baik anda, jika anda jujur, maka orang lain pun mempercayai anda. Bersikap jujur ketika berkomunikasi dan bersikap jujur dalam memberikan informasi adalah salah satu contoh yang bisa menarik minat konsumen.

  • Integritas

Integritas dapat di artikan sebagai konsistensi, mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran; tapi meskipun begitu, integritas bukanlah hal yang mudah untuk di bangun karena seringkali ada kepentingan lain yang bersebrangan dengan kepercayaan anda. Dalam hal ini, seseorang akan di katakan sebagai seorang pemimpin yang baik jika bisa bertahan dan tidak mengorbankan prinsip diri sendiri hanya karena mendapat tekanan dari orang lain.


  • Memenuhi komitmen yang di buat

Hal ini nyambung ke daftar pertama tadi, tentang kejujuran. Seorang pebisnis diapat dipercaya karena ia mau dan mempu berusaha memenuhi segala janji dan komitmen yang perna dibuat. Anda tidak boleh sembarangan membuat janji, namun ketika diucapkan langsung berkomitmen untuk memenuhinya dengan baik.

  • Loyalitas

Jika dalam bisnis anda ingin berjalan dengan baik dan lancar, maka loyalitas sangat di perlukan. Anda dapat menunjukan loyalitas anda dengan cara bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta tidak mencampurkan urusan kantor dengan masalah pribadi. Loyalitas juga bisa di bangun dengan cara mengeluarkan atau memberikan kemampuan terbaik anda demi perkembangan komunitas / perusahaan ke arah yang lebih baik lagi..

  • Keadilan dalam bersikap

Bukan hanya presidan saja yang harus adil, tapi juga harus di miliki oleh pembisnis terutama oleh pemimpin. Mereka mampu bersikap adil pada setiap karyawan, menoleransi perbedaan, berpikiran terbuka, mengakui jika melakukan kesalahan, bahkan tak segan mengubah prinsip atau keputusan jika diperlukan. Dengan begitu mereka tidak menggunakan kewenangan atau kekuatan untuk otoritas dirinya sendiri.

  • Kepedulian

Seorang pembisnis harus mempraktekan pribadi yang baik seperti perduli, baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung. Anda harus tahu bahwa keputusan bisnis tidak hanya berlaku bagi perusahaan tetapi juga bagi para karyawan dan staf yang ada di dalamnya.

  • Menghargai orang lain

Kesuksesan anda juga tergantung dari cara anda menghargai orang lain. Anda bisa menghargai orang lain dengan cara profesional seperti tidak membedakan perlakuan orang lain berdasarkan ras, bahasa, agama dll. Ini bukan hanya untuk perusaan, tetapi juga untuk lingkungan kantor sekitar.

  • Patuh pada peraturan

Karena peraturan di buat oleh bersama dan kemanfaatannya pun kembali untuk bersama. Dengan mematuhi peraturan yang tertulis atau tidak tertulis dapat menjadikan anda sebagai pembisnis yang di segani banyak pihak.

  • Jiwa Kepemimpinan

Seorang pemimpin sangat di butuhkan dalam sebuah organisasi karena untuk membuat perusahaan itu berkembang dan sukses. Seorang pemimpin juga harus menyadari kewajiban yang di pikulnya. Semua daftar strategi bisnis di atas adalah berlaku bagi pemimpin.

  • Menjaga reputasi

Orang bilang sih "jaim" (jaga image), seorang pembisnis harus bisa melindungi nama baik perusahaan beserta yang ada di dalamnya. Hal inilah yang menjadi kunci datangnya konsumen karena percaya bahwa perusahaan Anda dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Referensi, Sudahkah anda memiliki 10 etika ini dalam berbisnis?

Jika anda ingin jago / ahli dalam digital marketing, SEO, dan Web Master, silahkan baca Belajar Website, SEO, Desain Grafis Terfavorit 2015
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: 10 Etika Dasar Bisnis dan Strategi Sukses
Ditulis Oleh Muh Zadit (Penmind)
Anda bisa membagikan secara gratis kepada teman-teman anda tentang 10 Etika Dasar Bisnis dan Strategi Sukses. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. Baca juga artikel keren menarik lainnya.

0 Response to "10 Etika Dasar Bisnis dan Strategi Sukses"

Posting Komentar