Translate

Tips SEO Offpage dan Blogging dari Senior untuk Pemula

INFO BARU GUE - Cara meningkatkan traffik (kunjungan) dengan memaksimalkan SEO offpage adalah tindak lanjut setelah kita mengenal apa itu SEO. Ketika kita melakukan SEO Onpage maka kita mengandalkan ketelitian serta kreatifitas kita, itu yang paling di butuhkan dalam teknik ini. Sedangkan dalam memaksimalkan Offpage SEO, kita perlu ketekuan dan kesabaran. Pernyataan tersebut adalah menurut pengalaman saya, jadi, apakah ada yang menyesatkan? bagaimana seharusnya agar lebih di mengerti?

Teknik, trik, tips, ataupun tutorial Search engine optimization sudah banyak bertebaran di internet, tapi alangkah baiknya jika kita menggabungkan banyak ilmu kemudian memilih yang terbaik untuk blog / website kita nantinya.

  • Optimalkan konten (isi)

google ingin konten yang berkualitas

Dalam dunia blogging, konten adalah hal yang pertama dan di utamakan. 
"Konten is King"
Yang kita perlukan dalam membuat / mengisi / menulis konten adalah kreatifitas dan kemanfaatannya. Buatlah semenarik mungkin agar di sukai pembaca blog anda, agar mereka tak sungkan untuk mem-follow dan berkunjung lagi.

Saya pernah mendengar dari beberapa blogger senior baik itu nasional ataupun internasional, bahwa

Utamakan menulis untuk diri anda di langkah pertama adalah awal yang baik. Mengabaikan fakta bahwa orang lain akan membaca apa yang Anda tulis; hanya fokus pada pikiran Anda, ide-ide, dan uraikan pendapat pendapat orang lain melalui tulisan anda. Menulislah seperti itu dan mereka akan berdatangan.
Tips itu saya dapatkan dari Adi Pienaar , ia telah menulis untuk dirinya sendiri yang membuat perubahan bahwa blogging bukan hanya di suguhkan untuk mesin pencari bahkan orang lain.

  • Verifikasi dan Daftarkan ke Search Engine
subit urlke mesin pencari

Cara ini di khususkan bagi anda yang ingin situs / blognya cepat terindeks mesin pencari untuk mendapatkan banyak pengunjung (traffik). Jika anda mencarinya di google tentang bagaimana cara mendaftarkan situs ke search engine maka akan banyak bertebaran tutorialnya, anda bisa mendaftarkan url anda di mesin pencari seperti google, bing dll. Atau anda juga bisa mendaftar di Alexa Rank. Silahkan baca Artikel tentang cara Claim Alexa untuk Mendaftarkan blog.

  • Mengunjungi, menyapa dan berkomentar di blog lain

Ini adalah pemandangan terindah dalam blogging, blogwalking. Selama pengalaman saya ngeblog, platform blogging yang penggunanya banyak blogwalking adalah Mywapblog.com, entah komentar itu sesuai dengan postingan atau pun tidak.. Mereka hanya ingin menyapa dan memberikan tanggapan pada artikel blog temannya seperti blog Aditcoolsite.heck.in. Ini tentu cara yang keren dan legendaris di dunia blogging dalam meningkatkan pengunjung serta menjalin persahabatan sesama blogger. Apakah anda tertarik melakukan ini?

konten adalah raja blogwalking adalah ratu


Tapi di Blogger / Blogspot.com, sangat berbeda suasananya karena mungkin mereka takut di anggap spam oleh Google, kan blogspot itu milik google.. Mereka berkomentar sesuai dengan postingan, baik itu memberikan kritik atau saran pada artikel yang akan di komentari dengan biasanya memberikan link url blog mereka sebelum berkomentar. Ini juga cara yang bagus dalam praktik SEO, selain saling berkunjung.. mereka juga mendapatkan backlink. Ya, mungkin ada kesalahan dalam tulisan saya ini, karena saya masih pemula dan belum ada 1 minggu di blogspot.

Di atas hanyalah opini saya sendiri, bagaimana dengan pendapat anda? inti sari dalam poin ini adalah blogwalking, berkunjung dan saling mengunjungi antar blog.

  • Manfaatkan Media Sosial


Facebook, adalah social media terbesar di dunia dan di susul oleh twitter serta google plus. Strategi marketing sangat di perlukan dalam hal ini. Anda bisa memanfaatkan facebook dengan membuat fanspage yang jika ada satu orang yang nge-like, maka teman dari orang itu juga akan melihat kiriman dari halaman yang dia like.

Kemudian twitter, ini hampir sama seperti google plus karena sangat banyak digital marketer yang mengandalkan ini. Kedua-duanya meskipun tidak seramai facebook tapi lebih di pandang dalam SERPs Google karena kualitas backlinknya. Coba lihat gambar di bawah:

serps google antara blog dan sosial media

Hasil pertama adalah hastag dari twitter, kedua adalah blog yang di cari, ketiga adalah google plus shared, keempat adalah fanpage facebook. Jadi, apa yang anda pikirkan saat ini?

  • Aktif di Forum


Aktif di forum juga bisa mendapatkan backlink yang banyak dan berkualitas, selain itu kita ikut thread / posting sekaligus berkomentar juga. Ada banyak forum yang bisa anda gunakan, dan forum juga memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature member mereka. Asalkan kita harus jaga etika dan rule forum itu. Forum yang besar di Indonesia antara lain kaskus, forum detik, indowebster, dan forum kompas.

  • Submit ke Social Bookmarking


Jika anda menggunakan komputer ketika berinternet kemudian anda ingin menyimpan halaman situs yang anda suka maka itu di sebut bookmark, silahkan coba praktek klik Ctrl+D pada keyboard anda. Nah, begitulah cara bookmark. Tetapi yang di maksud disini adalah situ yang menyimpan link / artikel dari para blogger dan pengguna internet.

konten adalah raja blogwalking adalah ratu

Anda bisa mendaftarkan link anda pada situs lintas.me , infogue.com , beritague.com , difollow.web.id atau kalau luar negeri ada diggs.com , stumbelupon.com dan lain-lain. untuk membookmark url. Ini juga bermanfaat untuk mendapatkan banyak backlink yang berkualitas.

Yang mana semua cara di atas adalah bagaimana cara kita melakukan link building, karena backlink adalah pisau bermata dua dalam SEO.. Backlink sangat di butuhkan tapi juga mudah membunuh website kita jika menggunakan tanpa ilmu.

Jika anda ingin jago / ahli dalam digital marketing, SEO, dan Web Master, silahkan baca Belajar Website, SEO, Desain Grafis Terfavorit 2015
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: Tips SEO Offpage dan Blogging dari Senior untuk Pemula
Ditulis Oleh Muh Zadit (Penmind)
Anda bisa membagikan secara gratis kepada teman-teman anda tentang Tips SEO Offpage dan Blogging dari Senior untuk Pemula. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. Baca juga artikel keren menarik lainnya.

0 Response to "Tips SEO Offpage dan Blogging dari Senior untuk Pemula"

Posting Komentar