Translate

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Informasi mengenai pertanian di Indonesia dari dulu sampai sekarang semakin banyak dan mudah untuk kita temui melalui internet, karena memang Indonesia merupakan negara agraris yang mana sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. Disebut demikian juga karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam dan memiliki wilayah yang cukup luas. Itulah mengapa kita harus bangga karena menjadi warga Indonesia.

Bertani atau berkebun merupakan mata pencaharian yang tentu tidak asing di mata dan telinga kita sebagai warga Indonesia, oleh karena itu Indonesia merupakan salah satu negara Agraris terbesar didunia yang harus kita jaga kelestariannya. Nah, dengan cara apa kita melestarikannya agar Indonesia tetap kaya dengan hasil pertanian dan rempah-rempahnya? Tentu saja dengan cara belajar dan mempraktekan cara bertani serta mengetahui trik apa saja yang di pakai oleh petani.

Kegiatan yang memanfaatkan sumber daya hayati, yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan makanan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya adalah defenisi pertanian menurut wikipedia yang di kutip dari berbagai sumber. Dikarenakan kegiatan bertani itu terikat ruang dan waktu, maka muncullah para ilmuan yang membahas tentang ilmu pertanian serta dengan dukungan-dukungan ilmu pendukung lainnya seperti; ilmu tanah, meteorologi, teknik pertanian, biokimia, dan statistika juga dipelajari dalam pertanian.

Ternyata petani juga harus belajar ya? apakah ada yang gratis?

Ingin menjadi petani pun harus belajar, sampai ada yang namanya kuliah jurusan pertanian, atau kursus bertani, dan apakah kita bisa belajar tentang pertanian secara gratis? tentu saja bisa, apalagi teknologi semakin canggih dan semakin banyak berisi informasi yang beraneka ragam, seperti website tentang pertanian yang membahas tips trik / tutorial bertani secara gratis. Dimana?

Jokowarino Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia


Informasi Pertanian Indonesia
Informasi Pertanian Indonesia Jokowarino.com

Nah, Jokowarino.comJokowarino.id adalah salah satu website pertanian Indonesia yang saya tahu. Ilmu pertanian yang di bahas Jokowarino diantaranya adalah; Mekanisme penyerapan hara oleh akar, faktor-faktor penentu pertumbuhan halaman, panduan lengkap membuat kandang ayam, dll. Lho kok ada cara membuat kandang ayam segala? Oiya, itu karena Jokowarino bukan hanya membahas cara bertani / pertanian saja, tetapi juga:

  1.  Peternakan
  2.  Perikanan
  3.  Kehutanan

Dan manfaat khasiat serta keilmuan tentang:

  1.  Ilmu Tanah
  2.  Lingkungan
  3.  Pemulihan Tanaman
  4.  Hama dan penyakit, dll.

Hampir lengkap bukan? Secara singkat berarti Jokowarino.id ini membahas tentang;

Seperti itulah penampakan Jokowarino menurut blog INFOBARUGUE 

Sejarah Pertanian Indonesia Sejak dulu Hingga Sekarang


Sejak dahulu kala, rakyat Indonesia sebenarnya sudah mengenal apa itu pertanian. Tapi kesejahteraan mereka masih kurang di sebabkan karena faktor ilmu dan sumber daya yang kurang memadai. Petani kita semakin miskin dan sengsara, hingga akhirnya Presiden Soekarno menyatakan kemerdekaan Indonesia,, dan pertanian baru Indonesia pun di mulai. 

Beliau memikirkan dan melakukan banyak cara untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya di bidang pertanian, dan berkat melalui usulan beliau serta petinggi lainnya, maka didirikanlah fakultas ilmu pengetahuan di bawah naungan universitas Indonesia yang kemudian berubah nama menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Ini juga asal mulanya IPB.. Untuk mengetahui bagaimana kelanjutannya, silahkan lihat video di bawah ini.


Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia
Ditulis Oleh Muh Zadit (Penmind)
Anda bisa membagikan secara gratis kepada teman-teman anda tentang Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. Baca juga artikel keren menarik lainnya.

0 Response to "Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia"

Posting Komentar